HIDUP YANG TERHORMAT

Oleh : Pdt. Rubin Ong

Roma 14:17-18, “Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus. Karena barangsiapa melayani Kristus dengan cara ini, ia berkenan pada Allah dan dihormati oleh manusia.”
Orang kristen yang benar adalah orang-orang yang terhormat sebab kita merupakan warga kerajaan sorga. Kata hormat sejajar dengan kata kemuliaan (glory), karena itu hidup kita haruslah mulia sama seperti kemuliaan yang Yesus miliki. Kalau hidup kekristenan kita, tidak kita jaga kehormatannya, kita akan mengalami masalah yang besar dan akan terlindas oleh jaman.

Kehormatan menurut terjemahan Ibrani “Khabot” artinya “berkualiatas dalam kehidupan”, itulah sebabnya kalau Tuhan senantiasa ada dipihak kita pekerjaan apapun yang kita lakukan pasti berhasil dan berkualitas.

Hal-hal yang perlu kita perhatikan supaya kita menjadi warga kerajaan Allah yang terhormat:

1. Mencintai Kebenaran.
Yohanes 8: 32, “dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.”
Kalau kemuliaan kita berasal dari firman Tuhan sifatnya bukan sementara tetapi kekal adanya sebab Alkitab sebagai firman Tuhan juga bersifat kekal. Meskipun Alkitab dibakar, dilarang beredar, pencetaknya dan penterjemahnya dianiaya, Alkitab tetap terhormat hingga saat ini. berbeda dengan kemuliaan dari dunia.

John Lenon seorang anggota grup band The Beatles yang sangat terkenal pada tahun 1960-an, pernah menghina Yesus dan beberapa waktu setelah penghinaannya itu John Lenon meninggal karena dibunuh oleh penggemarnya sendiri dan semenjak itu pula hingga sekarang ketenarannya semakin memudar.

Karakter seorang kristen terbentuk karena mencintai dan menghidupi firman Tuhan. Sebagai orang yang terhormat kita harus memiliki prinsip hidup yang kuat dan memiliki integritas hidup yang tinggi. Berusahalah untuk senantiasa mencari dan menggali firman.

Yesus berkata, “…. Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku.” Kata murid bhs Yunani: μαθητής (baca: mathētēs) artinya; pola hidup dan kelakukan yang meniru Yesus. Dari pengertian inilah maka sebagai murid Kristus tindakan kita harus sepadan dengan tindakan Yesus. Jikalau tindakan kita tidak bersesuaian dengan Tuhan Yesus maka kita adalah seorang kristen yang palsu (penipu).

Jangan terpengaruh dengan apa yang orang lain katakan tentang kita, tetapi percayalah tentang apa yang Tuhan katakan tentang hidup kita, sebab Tuhan memiliki rencana yang indah bagi kita masing-masing. Tetap berjalan dalam kebenaran meskipun banyak tantangan dan hambatan. Tuhan yang akan bela dan meninggikan kita.

Amsal 14:34, “Kebenaran meninggikan derajat bangsa, tetapi dosa adalah noda bangsa.”

Tanpa firman Tuhan kita tidak akan memiliki hikmat, sebab hikmat berasal dari firman Tuhan. Itulah sebabnya orang yang kesenangannya firman Tuhan akan senantiasa kuat dan berhasil dalam menjalani kehidupan.

1. Menghormati Pernikahan.
Ibrani 13:4, “Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah.”Keluarga adalah lembaga yang diberkati, dibentuk oleh Allah yang sempurna, tetapi jika dimasuki oleh orang-orang yang tidak terhormat maka keluarga menjadi tidak sempurna.

Karakter seseorang akan terlihat dari sifat ia memperlakukan keluarganya. Keluarga adalah representatif kehadiran Allah di dalam dunia (Kejadian 1:26). Dalam hirearki lembaga keluarga dilambangkan : Ayah (lambang Bapa) & ;Ibu (lambang Yesus) & ;Anak (Roh kudus).

Hal yang akan kita peroleh kalau kita menghormati keluarga adalah doa kita akan lebih berkuasa.

Maleakhi 2:13, “Dan inilah yang kedua yang kamu lakukan: Kamu menutupi mezbah TUHAN dengan air mata, dengan tangisan dan rintihan, oleh karena Ia tidak lagi berpaling kepada persembahan dan tidak berkenan menerimanya dari tanganmu.” Dan kamu bertanya: “Oleh karena apa?” Oleh sebab TUHAN telah menjadi saksi antara engkau dan isteri masa mudamu yang kepadanya engkau telah tidak setia, padahal dialah teman sekutumu dan isteri seperjanjian.”

About kata1kata

some misterious word can not be explained but it can be feel by your heart peace in this world..... Yesus loves and blessing all of you .....
This entry was posted in Tuhan Yesus Memberkati. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s