BELUM MELIHAT KEMULIAAN KRISTUS

Baca: 1 Korintus 2:6-16

BELUM MELIHAT KEMULIAAN KRISTUS

“Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani.” 1 Korintus 2:14.

Seseorang mungkin sangat cerdas mengenai beberapa hal, tapi dapat ragu-ragu atau sama sekali tidak mengerti mengenai realitas kerohanian. Kata Paulus,
“Jika Injil yang kami beritakan masih tertutup juga, maka ia tertutup untuk mereka, yang akan binasa, yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus, yang adalah gambar Allah.” (2 Korintus 4: 3-4). Dalam ‘mata’ mereka seolah-olah terdapat suatu selubung sehingga mereka tak dapat melihat hal-hal spiritual.

Tetapi,
“…apabila hati seseorang berbalik kepada Tuhan, maka selubung itu diambil dari padanya.” (2 Korintus 13:16).

Sebelum selubung mata seseorang disingkapkan tak mungkin ia dapat datang kepada Kristus dan bertobat. Pengangkatan dan penyingkapan selubung ini hanya dapat dikerjakan oleh kuasa Ilahi yaitu Roh Kudus.

Injil Kristus tidak anti intelektual. Untuk mengerti kebenaran Injil Kristus diperlukan pikiran, tetapi sayang pikiran manusia sudah tercemari dosa. Pikiran manusia telah dikendalikan oleh kemauannya sendiri yang cenderung memberontak kepada kebesaran Kristus dan lebih mengandalkan kepintaran akal. Alkitab mengatakan:
“…oleh karena mereka tidak mengenal kebenaran Allah dan oleh karena mereka berusaha untuk mendirikan kebenaran mereka sendiri, maka mereka tidak takluk kepada kebenaran Allah.” (Roma 10:3).
Namun setelah mengalami kebuntuan banyak orang baru tersadar dan mulai mencari “Penolong Sejati” yaitu Yesus Kristus. Raja Daud berkata,

“Sebelum aku tertindas, aku menyimpang, tetapi sekarang aku berpegang pada janjiMu.” (Mazmur 119:67)

Orang yang diperbudak oleh dosa pada saatnya ingin melepaskan diri dari cengkeraman ini. Tetapi meski ada kemauan seringkali mereka gagal dan kembali jatuh dalam dosa lagi. Namun apabila selubung mata rohani itu tersingkap barulah mereka akan mengenal kebenaran Injil,

“…dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.” (Yohanes 8:32). Hamba dosa ini dapat merdeka apabila ada ‘seseorang’ yang membebaskannya.

“Jadi apabila Anak itu (Yesus Kristus) memerdekakan kamu, kamu benar-benar merdeka.” Yohanes 8:36.

Posted with WordPress for BlackBerry.

About kata1kata

some misterious word can not be explained but it can be feel by your heart peace in this world..... Yesus loves and blessing all of you .....
This entry was posted in Tuhan Yesus Memberkati. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s