MENJAGA HIDUP AGAR TETAP BERKENAN

“Janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, jauhkanlah kakimu dari kejahatan.” Amsal 4:27

Berita-berita tentang kejahatan manusia dari hari ke hari tak kunjung berakhir, bahkan bisa dikatakan semakin hari semakin mengerikan. Aneka jenis kejahatan menjadi ‘menu hangat’ setiap hari di surat kabar ataupun televisi. Kejahatan tidak pernah pilih-pilih korban, begitu pula pelaku kejahatan tidak mengenal usia, jenis kelamin dan status sosial. Benar apa yang dikatakan Alkitab bahwa “…hari-hari ini adalah jahat. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.” (Efesus 5:16-17). Di tengah situasi dunia yang tidak baik ini, sebagai anak-anak Tuhan kita harus lebih berhati-hati dan tidak sembrono. Jangan sampai kita ‘tenggelam’ dalam kehidupan dunia yang sarat dengan hal-hal jahat. Sebaliknya kita harus lebih mendekatkan diri kepada Tuhan.

Harus kita akui bahwa dengan kekuatan sendiri kita takkan mampu menghadapi ‘hari-hari jahat’ ini. Kita sangat membutuhkan tuntunan kuasa Roh Kudus supaya kita bisa menguasai diri dalam segala hal. Penulis Amsal menyampaikan beberapa hal yang harus kita perhatikan agar hidup kita tetap berkenan kepada Tuhan.

Pertama, “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan,” (Amsal 4:23a).

Kita harus menjaga hati kita dengan baik, “Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, penzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat.” (Matius 15:19). Bagaimana supaya hali kita tetap terjaga dengan baik? Tidak ada jalan lain selain kita harus senantiasa membaca, memperhatikan dan merenungkan firman Tuhan setiap hari.

Kedua, “Buanglah mulut serong dari padamu dan jauhkanlah bibir yang dolak-dalik dari padamu.” (Arnsal 4:24).

Perihal mulut ini kita harus benar-benar berhati-hati menggunakannya, karena melalui mulut, kita dapat mengeluarkan kata-kata berkat dan juga kutuk (baca Yakobus 3:9-10). Jangan sampal kita menggemakan mulut kita untuk mengumpat orang lain, menghakimi orang lain, berdusta atau menipu. Alkitab tegas menyatakan, “Hidup dan mati dikuasai Iidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya.” (Amsal 18:21). Jadi, jagalah hati dan mulut supaya kehidupan kita berkenan kepada Tuhan!
Terhadap orang yang dikenanNya dilimpahkanNya kasihNya.

About kata1kata

some misterious word can not be explained but it can be feel by your heart peace in this world..... Yesus loves and blessing all of you .....
This entry was posted in Tuhan Yesus Memberkati. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s