MEMAHAMI ARTI IMAN

“Iman adalah dasar dan segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.” Ebrani 11:1

AIkitab mencatat bahwa “…tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.” (Ibrani 11:6).
Perjalanan hidup orang Kristen adalah perjalanan iman, sebab tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Tuhan.
Seringkali kita mendengar kata iman, bahkan kita pun sering berkata, “Aku beriman kepada Tuhan.”
Namun banyak orang Kristen kurang mengerti definisi iman itu sendiri.
Akibatnya kekristenan mereka tidak mengalami pertumbuhan berarti, bahkan bisa dikatakan jalan di tempat atau tetap saja kerdil.

Ada beberapa hal tentang iman yang harus kita pahami:

1. Iman berarti percaya meski belum melihat. Apakah kita percaya kepada Tuhan, saat pertolongan belum datang? Ataukah kita bersikap seperti Thomas, baru percaya bila sudah ada bukti? Yesus berkata, “Berbahagialah mereka yang tidak melihat namun percaya.” (Yohanes 20:29b). Namun lihatlah Nuh. Ketika mendapatkan firman bahwa bumi akan dilanda air bah dan diperintahkan Tuhan untuk membuat bahtera, Nuh melakukannya dengan taat walaupun ia sendiri belum melihat air bah itu. Bahkan orang-orang sezamannya mengejek Nuh dan menganggap tindakannya bodoh. Ketika orang-orang di sekelilingnya tidak percaya, Nuh tidak terpengaruh. Dan akhirnya, saat air bah itu benar-benar datang dan membinasakan bumi dan seisinya, Nuh dan keluarganya selamat.

2. Iman adalah taat melakukan kehendak Tuhan, apa pun resikonya. Banyak anak Tuhan yang hanya menuntut agar Tuhan segera menjawab doa menyembuhkan sakit dan memulihkan ekonomi keluarganya, sementara mereka sendiri tidak mengerjakan bagiannya yaitu taat: atau melakukan ketaatan tapi dengan syarat: asal Tuhan menolongku aku akan rajin ke gereja dan lain-lain. Abraham taat ketika diperintahkan Tuhan untuk meninggalkan negerinya (Ur-Kasdim) menuju ke negeri yang tidak ia ketahui. Karena ketaatannya Abraham diberkati Tuhan secara luar biasa!

Jadilah seorang Kristen yang memlilki iman yang benar!

About kata1kata

some misterious word can not be explained but it can be feel by your heart peace in this world..... Yesus loves and blessing all of you .....
This entry was posted in Tuhan Yesus Memberkati. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s