TUHAN PUNYA BANYAK CARA

Baca: Roma 11:25-36

“Sebab, siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan? Atau siapakah yang pemah menjadi penasihatNya?” Roma 11:34

Tuhan berkata, “Sebab rancanganKu bukan rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalanKu, demikianlah firman Tuhan. Seperti tingginya langit dari bumi demikianlah tingginya jalanKu dari jalanmu dan rancanganKu dari rancanganmu.” (Yesaya 55:8-9).

Tuhan kita mempunyai banyak cara untuk menolong dan memberkati anak-anakNya.
Cara Tuhan menolong setiap orang yang berada dalam persoalan selalu berbeda.
Dia tidak memakai satu cara yang sama dalam mengatasi seribu satu kasus yang terjadi.
Jika Tuhan menolong Elia dengan burung gagak yang membawa roti dan daging setiap hari saat berada di sungai Kerit (baca Raja-Raja 17:1-6), maka Tuhan menolong janda yang terjerat hutang dengan cara yang berbeda pula.
Tuhan membuat suatu mujizat dengan sedikit sisa minyak yang dimiliki oleh janda itu, di mana Tuhan sanggup memenuhi banyak bejana kosong hingga melimpah. Lalu Dia memberi perintah pada janda itu, “Pergilah, juallah minyak itu, bayarlah hutangmu, dan hiduplah dari Iebihnya, engkau serta anak-anakmu.” (2 Raja-Raja 4:7). Begitu juga saat Tuhan menolong umat Israel, berbagai mujizat Dia nyatakan dengan cara yang berbeda-beda.
Sebagaimana banyaknya rambut di kepala kita, sebanyak itu pula cara Tuhan menolong dan menyelesaikan setiap permasalahan yang kita alami. Oleh sebab itu jangan pernah mereka-reka bagaimana cara Tuhan nanti menolong dan menyelesaikannya. Alangkah indahnya jika kita memiliki penyerahan penuh kepada Tuhan, membawa seluruh persoalan dan beban yang ada kepada Tuhan dengan hati yang pasrah dan iman yang teguh. Tentang jalan keluarnya itu terserah Tuhan, kita tidak perlu tahu. Sebab, “. . .siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan? Atau siapakah yang pernah menjadi, penasihatNya?” Seringkali kita berdoa kepada Tuhan sambil membayangkan siapa orangnya nanti yang Tuhan pakai untuk menolong kita. Yang menjadi bagian kita adalah menanti-nantikan Tuhan dengan penuh ketekunan pada saat yang tepat Dia akan bertindak dengan caraNya yang ajaib.
“Besar dan ajaib segala pekerjaanMu, ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa! Adil dan benar segala JalanMu, ya Raja segala bangsa!” Wahyu 15 3b.

About kata1kata

some misterious word can not be explained but it can be feel by your heart peace in this world..... Yesus loves and blessing all of you .....
This entry was posted in Tuhan Yesus Memberkati. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s