SYARAT MENCAPAI KEBERHASILAN

SYARAT MENCAPAI KEBERHASILAN
Pdt. Johan Lumoindong

Yosua 1:1-7, “……..Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi”.

Ketika Musa meninggal dunia, bangsa Israel itu seperti kehilangan arah dan tujuan. Mereka tidak tahu kemana pergi dan apa yang akan mereka lakukan. Namun, Tuhan memberikan suatu tuntunan yang baru bagi mereka melalui Yosua.

Ayat 7 diatas merupakan sumber kekuatan bagi kita. Dikatakan bahwa kita akan selalu beruntung ke manapun kita pergi. Namun ada satu hal yang perlu kita ketahui bahwa bukan tempat atau tanah itu yang menentukan apakah kita akan beruntung, tetapi kaki yang menginjak tempat itu yang menentukan keberhasilan. Keberhasilan itu tergantung daripada kaki siapa yang menginjaknya. Kalau itu adalah kaki umat Tuhan, maka tanah yang diinjaknya akan memberikan keberuntungan.
“Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh” dalam menghadapi masalah apa pun yang ada timbul di tanah atau tempat itu.
Keberuntungan akan selalu menyertai kita dengan syarat:

1. Hidup kita harus bersandar kepada firman Tuhan.
Yosua 1:1 “Sesudah Musa hamba TUHAN itu mati, berfirmanlah TUHAN kepada Yosua bin Nun, abdi Musa itu, demikian: ”
Yosua memulai pelayanannya dengan bersandarkan kepada firman Tuhan yang datang kepadanya. Demikian juga kita dalam memasuki “tanah atau tempat” apa pun tetaplah bersandar kepada firman Tuhan. Jadikan firman Tuhan sebagai standar dalam menjalani kehidupan dan saat hendak mengambil suatu keputusan: dalam pekerjaan, dalam mencari pasangan hidup, dalam rumah tangga, dalam pelayanan.
Musa menjadi besar dan hebat karena ada Allah yang menyertai dia. Kita juga dapat menjadi besar dan hebat kalau ada Tuhan di dalam hidup kita.

2. Mempersiapkan diri secara baik dan benar.
Yosua 1:2, “Hamba-Ku Musa telah mati; sebab itu bersiaplah sekarang, seberangilah sungai Yordan ini, engkau dan seluruh bangsa ini, menuju negeri yang akan Kuberikan kepada mereka, kepada orang Israel itu.

Tuhan dapat dengan mudah memberikan negeri tanah Perjanjian itu kepada bangsa Israel, namun Tuhan menghendaki agar bangsa Israel itu melakukan suatu hal terlebih dahulu, yaitu “bersiaplah sekarang”. Artinya, mereka harus mempersiapkan segala sesuatu untuk mencapai tanah yang dijanjikan itu.

Demikian juga kita jika ingin berhasil di dalam hidup kita maka kita harus selalu mempersiapkan diri kita dengan baik, jangan sembarangan dan ceroboh. Pelayanan, pendidikan, pekerjaan harus disiapkan dengan sungguh-sungguh.

Bahkan, di akhir zaman ini saat kita menjelang kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya, kita juga harus lebih mempersiapkan diri lebih sungguh-sungguh dalam iman, pengharapan dan kasih kita kepada Tuhan. Jangan biarkan keadaan dunia ini menghancurkan iman kita kepada Tuhan Yesus.

About kata1kata

some misterious word can not be explained but it can be feel by your heart peace in this world..... Yesus loves and blessing all of you .....
This entry was posted in Tuhan Yesus Memberkati. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s