KASIH KARUNIA

KASIH KARUNIA
Oleh : Pdt. Yosia Abdisaputra

Kasih karunia adalah pemberian yang tak ternilai harganya dari Tuhan untuk orang yang tidak layak atau tidak pantas menerimanya. Jadi, setiap kita ini, apa pun keadaan kita, latar belakang kita, bisa menerima kasih karunia Tuhan ini. Apa saja jenis-jenis kasih karunia Tuhan ini, yaitu:

1. Keselamatan.

Kisah Rasul 15: 11, “Sebaliknya, kita percaya, bahwa oleh kasih karunia Tuhan Yesus Kristus kita akan beroleh keselamatan sama seperti mereka juga.”
Bahwa keselamatan adalah kasih karunia, dan ini yang membedakan kekristenan dengan semua agama di dunia. Kita pasti setuju bahwa semua agama di dunia mengajarkan untuk berbuat baik. Agama agama di dunia mengajarkan bahwa untuk seseorang bisa masuk sorga/diselamatkan adalah dengan berbuat baik, tetapi Kekristenan berkata bahwa keselamatan itu adalah hanya oleh kasih karunia. Sebab kalau untuk selamat kita hanya harus berbuat baik, maka Tuhan Yesus tidak perlu datang dan tidak perlu mati disalib. Tetapi, Tuhan Yesus datang untuk mengingatkan kita bahwa perbuatan baik apa pun tidak dapat menyelamatkan manusia. Kekristenan percaya bahwa hanya oleh karena korban Yesus-lah yang menyucikan kita sehingga kita diselamatkan. Sebab itu kita semua bisa masuk sorga bukan karena kebaikan, tetapi karena kasih karunia. Tetapi, kita orang Kristen harus berbuat baik, bukan supaya masuk surga, namun sebagai ucapan syukur karena kita sudah diselamatkan.

2. Pembenaran. Roma 3:24, “dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.”

Kita dibenarkan oleh kasih karunia Tuhan saja, oleh darah-Nya. Walaupun tadi malam berbohong, atau baru saja berbuat dosa, kita adalah orang benar. Kenapa bisa? Apakah perbuatan kita sudah sempurna? Dibenarkan artinya: belum benar tetapi dianggap benar. Oleh karena darah Yesus yang membenarkan. Jadi, setiap kali kita berbuat salah sadarilah bahwa kita orang benar, sebab itu, fakta inilah yang mendorong kita untuk bertobat. Merasa malu berbuat dosa. Dan kita layak melayani, bukan karena kita sempurna dan tidak pernah berbuat dosa, tetapi karena status kita yang sudah dibenarkan oleh darah Kristus.

3. Berkat. 2 Korintus 9:8, “Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan”.

Jenis kasih karunia ini dapat membuat kita tidak akan pernah berkekurangan, karena Allah sanggup memberkati kita. Tujuannya adalah:

1. supaya kita cukup, bukan hanya cukup 3x makan satu hari, tetapi apa yang kita perlukan pun kita bisa terima.
2. berkelimpahan dalam kebajikan, supaya kita dapat berbuat baik. Bukan hanya “asal hidup”, tetapi menjadi berkat bagi orang lain.

4. Pelayanan. 2 Korintus 8:4, “Dengan kerelaan sendiri mereka meminta dan mendesak kepada kami, supaya mereka juga beroleh kasih karunia untuk mengambil bagian dalam pelayanan kepada orang-orang kudus”.

Melayani dan pelayanan adalah merupakan kehormatan dari Tuhan, sebab itu jangan menolak pelayanan, tetapi marilah melayani dengan sepenuh hati dan tulus.

5. Menderita demi Kristus. 1 Petrus 2:19, 20: Kita menderita karena mempertahankan iman dan kejujuran, bukan karena perbuatan dosa, bukan karena mencuri atau menipu.

APA SIKAP KITA TERHADAP KASIH KARUNIA ?

1. Jangan menolak kasih karunia Tuhan.

Sebab ada orang yang merasa “aneh” dan “menolak” bahwa orang diselamatkan itu hanya oleh iman dan kasih karunia Tuhan, tanpa harus berbuat baik (baca Galatia 2:21).

2. Jangan menyia-nyiakan kasih karunia.

Baca 2 Korintus 6:1, jangan menahan berkat itu hanya untuk diri sendiri, tetapi supaya kita memberkati orang lain.

3. Jangan menyalahgunakan kasih karunia.

Baca Yudas ayat 4 dan Galatia 5:13, jangan menganggap bahwa karena kita sudah dibenarkan dan diselamatkan, maka kita jadi bermain-main dan tetap hidup dalam dosa. Kalau ada orang yang menyalahgunakan kasih karunia ini, maka orang tersebut ditentukan untuk binasa. Jangan menipu jemaat Tuhan dengan mengambil keuntungan pribadi kalau kita memiliki karunia untuk menyembuhkan dan membuat mujizat.

About kata1kata

some misterious word can not be explained but it can be feel by your heart peace in this world..... Yesus loves and blessing all of you .....
This entry was posted in Tuhan Yesus Memberkati. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s