JANGAN MENYERAH DAN LEMAH!

Jadi, karena Kristus telah menderita penderitaan badani, kamupun harus juga mempersenjatai dirimu dengan pikiran yang demikian, – karena barangsiapa telah menderita penderitaan badani, ia telah berhenti berbuat dosa. 1 Petrus 4:1

Hampir semua manusia di dunia ini tidak mau mengalami masalah atau kesukaran dalam hidupnya. Maunya segala sesuatu berjalan dengan mudah, tidak mau susah, inginnya serba instan tanpa harus memalui perjuangan, sehingga apabila mengalami kesulitan sedikit saja manusia mudah kehilangan semangat, tawar hati dan letih lesu.

Masalah ini mengacu pada sikap menyerah dalam pikiran. Firman Tuhan menegaskan, Jika engkau tawar hati pada masa kesesakan, kecillah kekuatanmu. (Amsal 24:10). Tuhan tidak menghendaki anak-anakNya cengeng, selalu merengek dan mengeluh setiap menghadapi tantangan. Rasul Petrus mengingatkan bahwa setiap orang percaya harus senantiasa mempersenjatai diri dengan pikiran bahwa kita memang harus mengalami penderitaan dan peperangan dalam hidup ini.

Mengapa keadaan sepertinya tertalu sukar bagi kita? Karena kita berusaha melakukannya tanpa bersandar dan mengandalkan Tuhan. Terkadang Tuhan menuntun kita dengan cara yang sukar karena Dia sedang melakukan suatu pekerjaan di dalam kita. Bagaimana kita dapat belajar bersandar kepada Tuhan jika segala sesuatunya mudah dan gampang, sehingga kita dapat menanganinya sendiri? Kepada jemaat di Korintus, rasul Paulus mengatakan bahwa sesungguhnya pencobaan dan masalah yang kita alami di dunia ini adalah pencobaan yang biasa, tidak melebihi kekuatan kita dan selalu ada jalan keluarnya (baca 1 Korintus 10:13). Jangan tawar hati dan lemah, Tuhan memberi kita RohNya untuk bekerja dengan kuasa di dalam kita dan membantu kita dalam segala sesuatu. Yesus berkata, Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya. (Yohanes 14:16). Roh Kudus ada di dalam kita, sepanjang waktu untuk menolong kita serta menyanggupkan kita melakukan hal yang tidak dapat kita lakukan. Kita tidak perlu hidup dalam pergumulan terus-menerus jika kita belajar bersandar sepenuhnya kepada Dia.

Segala sesuatunya mudah bila berjalan bersama Tuhan; sebab Roh KudusNya selalu siap menolong kita!

About kata1kata

some misterious word can not be explained but it can be feel by your heart peace in this world..... Yesus loves and blessing all of you .....
This entry was posted in Tuhan Yesus Memberkati. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s