MERENDAHKAN DIRI: Kunci pemulihan

Saat berada di puncak karir, sukses dan hidup dalam kelimpahan, banyak orang lupa diri, tidak ingat asal usulnya seperti istilah kacang lupa akan kulitnya. Saat masih dalam keadaan minim atau pas-pasan orang rajin beribadah sehingga secara perlahan hidupnya mulai berubah, dipulihkan dan diberkati Tuhan. Sayang, secepat kilat pula orang mulai berubah, Tuhan tidak lagi prioritas. Hari-harinya dihabiskan untuk bekerja dan mencari uang saja, sampai akhirnya Tuhan ijinkan masalah terjadi dan menimpa hidupnya.

Hal ini juga tenjadi pada Rehabeam, raja Yehuda. Rehabeam beserta seluruh Israel meninggalkan hukum Tuhan, ketika kerajaannya menjadi kokoh dan kekuasaannya menjadi teguh. (2 Tawarikh 12:1). Saat di puncak kejayaannya, Rehabeam mulai lupa diri, meninggalkan Tuhan dan tidak lagi setia kepadaNya. Rehabeam merasa bahwa dirinya mampu dengan kekuatannya sendiri. Dia terlalu membanggakan apa yang dimiliki: kekayaan negerinya yang melimpah dan juga kekuatan pasukan perangnya. Firman Tuhan memperingatkan, Celakalah orang-orang yang pergi ke Mesir minta pertolongan, yang mengandalkan kuda-kuda, yang percaya kepada keretanya yang begitu banyak, dan kepada pasukan berkuda yang begitu besar jumlahnya tetapi tidak memandang kepada Yang Mahakudus, Allah israel, dan tidak mencari Tuhan. (Yesaya 31:1). Namun ketika negerinya terancam karena musuh yang datang dari kerajaan Mesir, Rehabeam menjadi takut dan sadar bahwa tanpa campur tangan Tuhan ia tidak ada apa-apanya. Kemudian dia datang merendahkan diri di hadapan Tuhan dan mengakui segala dosa-dosanya serta berjanji untuk kembali melayani Tuhan.

Melihat kesungguhan hati dari Rehabeam untuk berubah, Tuhan mengurungkan niatNya untuk menghukum dan memusnahkan bangsa Israel. Oleh sebab raja merendahkan diri, surutlah murka Tuhan dari padanya, sehingga tidak dimusnahkariNya sama sekali. Lagipula masih terdapat hal-hal yang baik di Yehuda. (2 Tawarikh 12:12).

AsaI kita mau merendahkan diri dan bertobat dengan sungguh, Tuhan pasti akan mengampuni dan memulihkan keadaan kita!

About kata1kata

some misterious word can not be explained but it can be feel by your heart peace in this world..... Yesus loves and blessing all of you .....
This entry was posted in Tuhan Yesus Memberkati. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s