ORANG KRISTEN: MURAH HATI

Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekuarangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya? 1 Yohanes 3: 17

Salah satu karakter yang harus dimiliki orang yang berlabel Kristen adalah murah hati. Hal ini disampaikan Yesus saat Ia mengajar orang banyak di atas bukit: Berbahagilah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan. (Matius 5:7)

Murah hati berarti memperhatikan orang lain yang sedang dalam kekurangan; menawarkan bantuan kepada mereka yang terluka dan menderita, bukan hanya perasaan kasihan terhdap orang yang dalam kesulitan; bukan perasaan simpati yang diberikan dari luar saja, tetapi berusaha mengerti lebih dalam sehingga dapat melihat dan merasakan apa yang orang lain lihat dan rasakan. Rasul Yohanes mengatakan jika seseorang memiliki harta lebih tetapi tetap menutup mata atau pura-pura tidak tahu terhadap saudaranya yang berkekurangan berarti di dalam dirinya tidak ada kasih Allah, Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih. (1 Yohanes 4:8)

Mempunyai kemurahan hati berarti memiliki kepedulian yang tinggi dan ikut terlibat. Ia tidak hanya menawarkan kata-kata nasihat atau mengupas panjang lebar ayat-ayat firman di hadapan orang yang sedang dalam kesulitan tanpa berbuat apa-apa. Yang dibutuhkan adalah action atau tindakan nyata. Jika seorang saudara atau saudari tidak mempunyai pakaian dan kekurangan makanan sehari-hari, dan seorang dari antara kamu berkata: Selamat jalan, kenakanlah kain panas dan makanlah sampai kenyang!, tetapi ia tidak memberikan kepadanya yang perlu bagi tubuhnya, apakah gunanya itu? (Yakobus 2:15-16).

Lalu, apa upah bagi seorang pemurah? Tuhan berjanji bahwa mereka yang memperhatikan orang lain dan menunjukkan kemurahan hati akan beroleh kemurahan juga sebagai balasannya, baik dari orang lain maupun dari Tuhan sendiri! Sebaliknya orang yang enggan atau tidak mau terlibat dan tidak perduli penderitaan orang lain akan menerima perlakuan yang sama seperti yang mereka lakukan terhadap orang lain.

Kemurahan Tuhan senantiasa menyertai orang-orang yang murah hati!

About kata1kata

some misterious word can not be explained but it can be feel by your heart peace in this world..... Yesus loves and blessing all of you .....
This entry was posted in Tuhan Yesus Memberkati. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s