Kenangan di taman Eden

“Tuhan Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.” Kejadian 2:15.

Tuhan menciptakan manusia dengan maksud dan tujuan mulia sehingga Ia menjadikan manusia menurut gambar dan rupaNya. Ia menempatkan manusia pertama ini (Adam) di tempat yang indah dan menyenangkan: “…Tuhan Allah membuat taman di Eden, di sebelah timur; disitulah ditempatkanNya manusia yang dibentukNya itu.” (ayat 8)

Kata Eden memiliki arti kesenangan. Tuhan tidak menempatkan manusia pada tempat yang tandus atau mengerikan, tapi Dia menempatkan manusia di suatu tempat kesenangan. Di taman inilah manusia memiliki hubungan yang sangat intim dengan Tuhan, dapat bersenda gurau, berbicara dan bersekutu dengan Tuhan. Kehadiran Tuhanlah yang membuat taman Eden itu menjadi tempat paling nyaman yang penah ada di dunia ini. Tuhan juga memberikan kepercayaan kepada manusia untuk berkuasa atas segala ciptaannya yang lain. Kebahagiaan Adam makin sempurna dengan diberikanNya pendamping baginya yaitu Hawa, “…dari rusuk yang diambil Tuhan Allah dari manusia itu, dibangunNyalah seorang perempuan, lalu dibawaNya kepada manusia itu. (ayat 22).

Tiba-tiba manusia diusir dari taman kesenangan itu; tidak lagi berpijak di atas tanah yang subur tetapi tanah yang terkutuk; harus bemandi peluh supaya bisa makan; harus menanggung sakit bersalin, citra dirinya telah rusak, telanjang dan kematian menghadangnya. Dosa kehilangan otoritas yang telah Tuhan berikan. Dosa membuat sakit-penyakit, kemiskinan dan kemalangan terjadi di bumi ini. Dosa telah menjalar kepada semua keturunan Adam sehingga tidak ada manusia yang tidak berdosa; “…sama oleh dosa itu telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa.” (Roma 5:12).

Ada pun satu-satunya pribadi yang dapat menghentikan ‘virus’ dosa adalah Yesus. Melalui kematianNya di atas kayu salib si ‘kepala ular’ (Iblis) diremukkan. Dosa tidak lagi berkuasa atas hidup orang percaya, dan hubungan manusia dengan Allah dipulihkan!

 

About kata1kata

some misterious word can not be explained but it can be feel by your heart peace in this world..... Yesus loves and blessing all of you .....
This entry was posted in Tuhan Yesus Memberkati. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s