MILIKILAH PENUNDUKAN DIRI!

“Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan dari padamu!” Yakobus 4:7

Menurut kamus Webster, arti kata penundukan diri adalah: secara sukarela berserah kepada satu sama lain; menyerahkan rencana-rencana atau tujuan seseorang kepada orang lain. Jadi penundukan diri membawa seseorang berada di bawah kepemimpinan orang lain.
Begitu pula sebagai umat Tuhan kita harus memiliki penundukan diri kepada Tuhan. hidup seturut dengan kehendak-Nya serta mau dipimpin oleh-Nya. Untuk memiliki penundukan diri tidaklah mudah karena membutuhkan kerendahan hati. Alkitab tegas menyatakan, “Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.” (ayat 6b). Namun di zaman sekarang ini sulit rasanya menemukan orang yang punya kerendahan hati. Kebanyakan orang cenderung menjadi congkak dan suka membanggakan diri sendiri, apalagi kalau ia kaya atau berpangkat.
Penundukan diri dan kerendahan hati itu satu paket tak terpisahkan. Ketika kita tunduk kepada Tuhan berarti kita mengikuti jalan-jalan-Nya dengan setia, “Mereka adalah orang-orang yang mengikuti Anak Domba itu ke mana saja Ia pergi. Dan di dalam mulut mereka tidak terdapat dusta; mereka tidak bercela.” (Wahyu 14:4b,5), serta mau dibentuk dan dikoreksi. Ketika kita tunduk kepada Tuhan berarti Tuhanlah yang memegang kendali hidup kita sehingga kita pun beroleh kekuatan untuk melewati setiap pencobaan demi pencobaan yang dilepaskan Iblis. Penundukan diri harus tumbuh dari diri kita dan itu merupakan tindakan nyata setiap hari, bukan hanya waktu-waktu tertentu saja.

Untuk tunduk kepada Tuhan ada harga yang harus kita bayar!
Kita harus ‘mati’ terhadap daging, “Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging – karena keduanya bertentangan– sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki > (Galatia 5:17).
Ketika kita mati terhadap daging kita, kehidupan kita akan berdampak bagi orang lain karena kuasa Tuhan akan bekerja dalam diri kita. Yesus adalah teladan utama dalam hal penundukan diri; Dia tunduk dan hidup taat sepenuhnya kepada kehendak Bapa. Dampaknya adalah dalam diri Yesus mengalir kuasa dan otoritas sorga sehingga Dia sanggup melakukan perkara perkara besar dan ajaib.

Tunduk kepada Tuhan berarti tunduk kepada firman-Nya dan melakukan firman itu melalui tindakan nyata, bukan sekedar ucapan!

About kata1kata

some misterious word can not be explained but it can be feel by your heart peace in this world..... Yesus loves and blessing all of you .....
This entry was posted in Tuhan Yesus Memberkati. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s