BAGI TUHAN TAK ADA YANG TAK MUNGKIN

“Berfirmanlah Tuhan kepadanya (Gideon — Red.): ‘Tetapi Akulah yang menyertai engkau sebab itu engkau akan memukul kalah orang Midian itu sampai habis.’”Hakim-Hakim 6:16Suatu ketika bangsa Israel mengalami keterpurukan, selama tujuh tahun mereka dijajah oleh bangsa Midian “sehingga orang Israel menjadi sangat melarat oleh perbuatan orang Midian itu.” (ayat 6a). Mengapa hal ini terjadi? Israel memberontak kepada Tuhan; mereka melakukan apa yang jahat di mata Tuhan, itulah sehabnya Tuhan mengijinkan kesesakan terjadi atas bangsa Israel.

Selalu ada konsekuensi bila kita menyimpang dari jalan-jalan Tuhan. Begitu perkasanya bangsa Midian sehingga bangsa Israel mengalami ketakutan yang luar biasa sampai-sampai mereka harus bersembunyi di gua-gua dan kubu-kubu. Meski demikian, ketika mereka berseru-seru kepada Tuhan, Ia pun tetap mengindahkannya dan memberikan pertolongan. Lalu Tuhan mengutus malaikat-Nya untuk memanggil seorang muda yaitu Gideon, yang sedang mengirik gandum dalam tempat pemerasan anggur (karena ia juga sangat ketakutan terhadap bangsa Midian dan Amalek). Secara manusia Gideon bukanlah orang yang gagah berani. Ia juga seorang yang penakut dan tidak punya kemampuan yang bisa diandalkan. Mana mungkin dia bisa memimpin bangsa Israel menghalau bangsa Midian dan juga Amalek? Impossible! Perhatikan firman Tuhan, “Adakah sesuatu apa pun yang mustahil untuk Tuhan?” (Kejadian 18:14a) dan “…apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat,” (1 Korintus 1:27).

Bukankah hal sama juga terjadi pada Daud? Siapa sangka Daud dipilih Tuhan untuk menjadi raja menggantikan Saul? Gideon juqa demikian, Ia hanya berasal dari kaum yang paling kecil di antara suku Manasye dan termuda di antara kaum keluarganya. Bila kita baca kisah Gideon lebih lanjut terlihat betapa Tuhan memakai Gideon menjadi pahlawan Israel yang gagah perkasa dan sanggup mengalahkan bangsa Midian! Apa pun keadaan kita saat ini, jangan pernah menyerah! Tuhan selalu punya jalan keajaiban. Dia sanggup mengubahkan segala sesuatu, dari keterpurukan menjadi kemenangan. Dan hopeless menjadi hopeful!

Kita punya Tuhan yang kuasa-Nya tak terbatas, Dia yang menyertai kita senantiasa.

About kata1kata

some misterious word can not be explained but it can be feel by your heart peace in this world..... Yesus loves and blessing all of you .....
This entry was posted in Tuhan Yesus Memberkati. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s