DOA YANG DI JAWAB

Oleh : Pdt. David Tjakra

Doa adalah nafas hidup orang percaya. Bagaimana agar doa kita di jawab oleh Tuhan? Belajarlah dari Hana. Keteguhan hati Hana diperlihatkan kepada ketika ia tidak berhenti untuk berdoa, sekalipun Alkitab mencatat bahwa kandungan Hana sudah di tutup dan tidak bisa mengandung.

Untuk mengalami janji Tuhan bahwa mujizat itu masih ada, Hana tanpa putus asa tetap berdoa dan percaya, dan akhirnya doa itu di jawab oleh Tuhan, Hana mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, bukan hanya satu melainkan tujuh, artinya multiplikasi dan sekaligus promosi terjadi (1 Samuel 1: 1-20). Begitu juga terjadi bagi kita yang percaya ketika doa dijawab, maka kita akan mengalami multiplikasi dan sekaligus promosi dari Tuhan dalam segala aspek kehidupan kita.

Markus 11:24-25 ” Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu. Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahanmu.”

Ada dua kunci bagaimana doa kita dijawab, yaitu:

1.Percaya dan Mempercayai Tuhan (Roma 5:11-25, 1Petrus 1:7).
Dengan iman Abraham berkenan kepada Tuhan dan memegang janji Tuhan, setelah 25 tahun janji Tuhan tergenapi. Bukan saja bagi Abraham, Tuhan juga memperhitungkan kesungguhan percaya kita kepada-Nya, sehingga janji itu digenapi bagi setiap kita. Ada pembuktian iman, ternyata tidak sekedar cukup dengan iman, melainkan harus ada pembuktian iman.

Pembuktian iman berada pada posisi di atas dari iman. Bukan sekedar hakiki iman melainkan pembuktian iman. Seringkali untuk mendapatkan janji Tuhan kita hanya percaya dan beriman, tetapi setelah mendapatkan penggenapan janji itu, masihkah kita mempercayakan kepada Tuhan?

Abraham bukan sekedar beriman tetapi ia buktikan iman-Nya, ketika Tuhan meminta Ishak, Abraham menyerahkan tanpa tawar menawar kepada Tuhan. Sudahkah kita membuktian Iman kita, relakah jika Tuhan meminta yang special apa yang kita punya? Ketika kita sudah sampai pada level itu percaya dan mempercayai Tuhan pasti apapun doamu hari-hari ini, Tuhan sanggup untuk memberi jawaban yang terbaik.

2. Lebih Dulu kita Mengampuni (Mark.11: 25, Luk. 23:34).
Mengampuni adalah perintah dan ketetapan Tuhan, perhatikan Firman Tuhan dan lakukan. Saat kita mengampuni pisahkan antara pribadi dan perbuatannya.

Kenapa kita harus mengampuni? Hal pertama supaya kita menjadi tanah yang baik. Kalau kita tidak melepaskan pengampunan, kita tidak menjadi tanah yang baik (1 Yoh 3:15). Hal kedua adalah supaya iblis tidak berkuasa atas hidup kita. Jika kita tidak melepaskan pengampunan, maka iblis akan berkuasa dan menghancurkan hidup kita. Dalam diri kita ada dua pribadi yaitu Adam pertama dan Adam kedua. Adam pertama adalah manusia lama sedang Adam kedua adalah Kristus yang memberikan kehidupan (1 Kor 15: 5).

Ibrani 12:24 menjelaskan bahwa darah Yesus yang akan membebaskan kita dari dosa. Jika dalam hidup kita ada Kristus yang melepaskan pengampunan, itu akan menjadikan kita memiliki kehidupan. Yang tak kalah penting adalah menabur damai sejahtera. (Zakharia 8:12).”Melainkan Aku akan menabur damai sejahtera. Maka pohon anggur akan memberi buahnya dan tanah akan memberi hasilnya dan langit akan memberi air embunnya. Aku akan memberi semuanya itu kepada sisa-sisa bangsa ini sebagai miliknya.

Jika dalam hal ini kita taat melakukan maka penggenapan akan janji Tuhan akan terjadi dalam hidup kita, maka Multiplikasi dan Promosi menjadi bagian kita. Tuhan Yesus memberkati.

About kata1kata

some misterious word can not be explained but it can be feel by your heart peace in this world..... Yesus loves and blessing all of you .....
This entry was posted in Tuhan Yesus Memberkati. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s