BETAPA BESAR KASIH-NYA

Oleh : Pdp. DR. Janto Simkoputera MD PhD

I. DOA DI GETSEMANI YANG SANGAT MENENTUKAN
Jumat Agung, termasuk dalam hari-hari Pra Paskah ini kita merenungkan kembali kebaikan Tuhan Yesus ketika Ia menyempurnakan kasih-Nya kepada umat manusia melalui peristiwa salib. Kala itu di taman Getsemani, Yesus tahu kalau Dia akan mengalami ajal-Nya. Dimulai dari penghianatan oleh Yudas Iskariot yang selam 3 ½ tahun terakhir melayani, makan, minum, tidur bersama dengan Yesus, bahkan dipercaya menjadi bendahara-Nya. Namun apa yang terjadi? Yudas menjual Yesus dengan 30 uang perak kepada imam-imam kepala.
Yesus tahu semuanya ini harus terjadi, dan Dia bersujud serta berdoa, “Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.” Matius 26:39
Apa yang terjadi? Apakah Bapa melalukan cawan yang harus diminum Yesus? Ternyata Bapa tidak memenuhi permintaan Yesus sekalipun Yesus adalah anak Allah. Karena Bapa punya skenario (rancangan) yang mendatangkan kebaikan kepada umat-Nya (Yeremia 29:11). Apakah Yesus kecewa? Tidak! Yesus tetap maju menuju salib untuk menebus dosa kita.

Lalu datanglah serombongan imam-imam besar dan tua-tua bangsa Yahudi membawa dan memperlakukan Yesus dengan semena-mena. Yesus sangat dihina, dianiaya, dipukul, diludahi, ditikam, diremukkan, dan disalibkan. Dia diperlakukan selayaknya seorang penjahat.

II. MENGAPA YESUS MAU MELAKUKAN INI SEMUA?

Ia taat kepada rencana Bapa, dan ketaata-Nya itu semata-mata untuk saudara dan saya, supaya:
1. Penyakit kita ditanggung-Nya (Yesaya 53:4a)
2. Kesengsaraan kita dipikul-Nya (Yesaya 53:4b)
3. Pemberontakan kita didamaikan (Yesaya 53:5)
4. Keturunan kita lanjut umurnya (Yesaya 53:10b)
5. Kita menjadi orang yang benar dihadapan-Nya dan memancarkan terang Kristus (Yesaya 53:11)
6. Memperoleh keselamatan (Yesaya 53:5b)
7. Oleh bilur-bilur-Nya kita disembuhkan (Yesaya 53:5c).

III. TUHAN MEMBERIKAN KELEGAAN

Matius 11:28-30 “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.” Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan.”

1. Yesus mengundang saudara yang letih lesu dan berbeban berat. Semua dari kita pasti ada masalah. Jesus berani memngundang, pasti Dia juga bereskan, Dia mengundang karena Dia mampu menyelesaikan masalah.
2. Yesus akan memberi kelegaan! Kata “kelegaan” terjemahan dari bahasa Inggris “Rest” = dibebaskan dari masalah (sakit, hutang piutang).
3. Pikullah kuk, Tuhan perintahkan kita untuk memikul kuk kita masing-masing. Kalau kita tidak mengerti maksud Tuhan seolah-olah beban berat belum selesai, tetapi mengapa Tuhan member kuk lagi. Tuhan tidak menambah beban kepada kita, justru Dia memberi kekuatan kepada kita untuk memikul kuk.
4. Kuk yang Kupasang ringan artinya masalah yang berat yang kita hadapi (kesulitan ekonomi/bangkrut, penyakit yang sulit disembuhkan, dosa rokok, zinah, obat narkoba yang terikat) diganti dengan kuk yang ringan di atas kayu lasib terjadi GREAT EXCHANGE!!!
5. Lemah lembut = vulnerable, artinya Tuhan selalu mementingkan kita dari pada ciptaan-ciptaan yang lain. Inilah yang membuat jiwa kita tenang. Oleh sebab itu utamakan Tuhan dalam hidup Saudara!

Yesus sudah melakukan bagian-Nya dengan cara menyelesaikan pekerjaan Bapa. Lalu apa yang menjadi bagian kita? Dengan apa kita membalas kebaikan Tuhan? Kita dapat membalas kebaikan Tuhan dengan cara; rajin beribadah, memuji dan menyembah Dia, membawa korban-korban ke rumah Tuhan, bersyukur dan melayani Tuhan. Tuhan Yesus Memberkati…

About kata1kata

some misterious word can not be explained but it can be feel by your heart peace in this world..... Yesus loves and blessing all of you .....
This entry was posted in Tuhan Yesus Memberkati. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s