JANGAN MENILAI KARENA PENAMPILAN!

“Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.”

Matius 7:2 Adalah hal yang wajar jika manusia menilai sesamanya berdasarkan penampilan luarnya atau apa yang terlihat oleh mata, sampai-sampai ada istilah cinta pada pandangan pertama: ketertarikan terhadap seseorang saat pertama jumpa yang pastilah didasari oleh penilaian dari penampilan luar. Acapkali penampilan seseorang adalah cerminan dan pribadi atau keadaan orang yang bersangkutan. Semisal saat ia sedang gembira, sedih, semangat, frustrasi atau putus asa pasti akan terlihat dan penampilannya. Kadangkala dari sorotan mata saja seseorang bisa dinilai, apakah ia orang yang sombong atau punya niat yang tidak baik seperti tertulis: “Mata mereka penuh nafsu zinah dan mereka tidak pernah jemu berbuat dosa.” (2 Petrus 2:14a).  Atau mungkin kita berkata, “Ah, aku tidak suka dengan orang itu, dari raut mukanya saja sudah terlihat kalau dia itu judes atau jahat.” Singkat kata, kita begitu gampangnya menilai atau mengomentari seseorang seperti layaknya kita menilai sebuah buku berdasarkan sampul atau cover-nya.

Penilaian kita terhadap seseorang bisa saja salah. Maka dari itu firman Tuhan melarang kita untuk menghakimi atau mengukur orang lain dengan ukuran kita, apalagi berdasarkan penampilan luarnya. Yang berhak menilai manusia itu Tuhan, bukan sesamanya, karena ukuran kita menilai orang berbeda dengan penilaian Tuhan. “Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi Tuhan melihat hati.” (1 Samuel 16:7b).  Dalam kotbahnya Tuhan Yesus juga menasihati agar kita tidak terlalu memfokuskan diri pada hal-hal yang lahiriah (penampilan luar). Berkenaan dengan hal ini Tuhan Yesus menegur keras orang-orang Farisi, “. . .sama seperti kuburan yang dilabur putih, yang sebelah luarnya memang bersih tampaknya, tetapi yang sebelah dalamnya penuh tulang belulang dan pelbagai jenis kotoran… di sebelah luar kamu tampaknya benar di mata orang, tetapi di sebelah dalam kamu penuh kemunafikan dan kedurjanaan.” (Matius 23:27-28).  Ternyata penampilan luar seringkali menipu!

Memang kita tidak boleh meremehkan penampilan, namun itu bukan yang utama. Alkitab dengan tegas melarang kita untuk menilai, menghakimi atau mengukur seseorang berdasarkan penampilan luarnya. Yang berhak menilai seseorang adalah Tuhan, bukan kita.

Tugas kita adalah mengasihi dan memberkati sesama kita!

About kata1kata

some misterious word can not be explained but it can be feel by your heart peace in this world..... Yesus loves and blessing all of you .....
This entry was posted in Tuhan Yesus Memberkati. Bookmark the permalink.

One Response to JANGAN MENILAI KARENA PENAMPILAN!

  1. Lex dePraxis says:

    Wah menarik ya, cinta memang bisa ditelusuri dari banyak sisi. Ada yang logis, ada yang puitis, ada yang romantis, ada juga yang agamis. Cara Anda menyampaikannya di atas terasa unik, pasti karena pengalaman pribadi kamu.. sama seperti pengalaman saya tentang cinta pada pandangan pertama.🙂

    Cinta selalu menarik perhatian orang. Mulai dari yang single jomblo, TTM alias Teman Tapi Mesra, sampai yang pacaran, tunangan, dan menikah. Sepertinya ada banyak misteri cinta yang belum terungkap, dan setiap kita manusia diberikan kebijaksanaan yang unik untuk dibagikan kepada orang lain.

    Tempo hari saya juga ada menulis tentang pengalaman pribadi saya, spesifik tentang cinta pada pandangan pertama. Saya berkisah dari pengalaman pribadi, sampai ke penjelasan yang logis dan saintifiknya. Misalnya saya jelaskan di sana bahwa sebenarnya TIDAK ADA cinta pada pandangan pertama; yang benar adalah adanya KETERTARIKAN alias DOYAN pada pandangan pertama. Kalau ada waktu, saya tunggu kehadirannya untuk membaca selengkapnya artikel saya berjudul Mungkinkah Cinta Dibawah 7 Detik Pertama?

    Kalau kamu sendiri percaya cinta pada pandangan pertama, ga?

    Semoga bisa jadi bahan referensi yang mencerahkan dan juga membantu kamu.

    GBU!

    Salam kenal,

    Lex dePraxis
    Professional Love & Relationship Coach
    HitmanSystem.com | RevolusiRomansa.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s