T A L E N T A

Oleh : Pdt. Anthony Chang, M.Th

Ayat bacaan Matius 25: 14-30

Matius 25:14-15 “Sebab hal Kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka. Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya, lalu ia berangkat.”

Dalam menyonsong kedatangan Tuhan Yesus, persiapan seperti apa yang harus kita lakukan, berbicara talenta dalam ayat tersebut mengenai dinar atau uang. Sebenarnya talenta mempunyai pengertian adalah seluruh kemampuan yang ada dalam diri kita. Bagaimana mempertahankan konsistensi dalam melayani Tuhan? Cara orang mempertahankan konsistensi dalam pelayanan Tuhan dan kehidupan dunia sekuler dengan cara, sebagai berikut:

Pertama: Menerima berkat dan keberhasilan dalam pekerjaan kita, itu kadang membuat kita mampu mempertahankan konsisten dan perspektif atau cara pandang kita kepada Tuhan. Ketika semua serba berhasil dan mulus semua orang memiliki cara pandang sendiri, kadang dengan mudah menganggap semua yang terjadi dalam hidup ini.

Kedua: mampu merasakan mahakarya Tuhan yaitu kelahiran, kehidupan, penderitaan, kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus. Kenapa bisa kita lakukan karena ada kasih atau cinta, ekspresi perasaan cinta kepada Tuhan. Dalam memulai pelayanan kepada Tuhan, hal utama adalah karena ada cinta, kalau ada cinta akan bisa turut merasakan apa yang di karyakan Tuhan, kita bisa merasakan bagaimana penderitaan Tuhan Yesus, apa yang dialami Tuhan Yesus, salah satunya adalah saat mati saja kuburannya pinjam dari milik orang lain, bisakah kita turut merasakan apa yang dialami Tuhan Yesus.

Berbicara talenta, jangan merasa terhina jika kita memiliki satu talenta, jangan merasa minder dan rendah diri karena ketidakmampuan, ketika kita mau ambil bagian dalam pelayanan jangan merasa karena kita tidak mampu, Tuhan memberi kapasitas dan kemampuan serta tanggungjawab masing-masing sesuai dengan apa yang Tuhan percayakan kepada kita.

Mari kita lihat diri kita sendiri dan pertanggungjawabkan kepada Tuhan, jangan melihat orang lain, karena masing-masing perbuatan kita akan dipertanggugjawabkan kepada Tuhan. Setiap kita paling sedikit memiliki satu talenta, kerjakan dan lakukan maka Tuhan akan percayakan lebih kepada kita.

Jika Tuhan memberi talenta banyak, kita akan dituntut banyak, sanggupkah kita melakukan bahkan melipatgandakan talenta itu, mari bergantung kepada Tuhan dan meresponi dengan benar mengenai hidup ini, maka pelipatgandaan itu akan terjadi. Untuk melakukan dan meresponi itu semua buktikan dengan memberikan yang terbaik untuk gerejamu dimana kehidupan rohani kita bertumbuh.

Saat Tuhan Yesus datang, jika menemukan kita melayani Tuhan, itu merupakan hal yang terbaik. Jangan sampai saat Tuhan datang , menemukan kita hidup dalam ketidakbenaran, tidak konsisten dalam pelayanan, tidak merasakan apa yang Tuhan Yesus rasakan, tidak mengembangkan dan mengerjakan talenta yang Tuhan berikan kepada kita baik satu, dua atau lima talenta.

Tetapi mari kita semua dalam menyongsong kedatangan Tuhan kerjakan, lakukan dan kembangkan talenta yang Tuhan berikan dengan baik. Maka Tuhan akan berkata, mari masuklah hambaKu yang setia dalam kerajaan kekal bersama Tuhan.

Tuhan Yesus memberkati

About kata1kata

some misterious word can not be explained but it can be feel by your heart peace in this world..... Yesus loves and blessing all of you .....
This entry was posted in Tuhan Yesus Memberkati. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s