ROH KUDUS BERDUKA

“Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.” Efesus 4:17

Roh Kudus adalah satu Pribadi; dengan demikian Roh Kudus mempunyai sifat-sifat seorang Pribadi, yaitu punya kehendak dan juga perasaan. Roh Kudus itu sabar dan lemah lembut, Ia bisa berdukacita apabila kita tidak lagi taat dan tidak mau percaya kepada-Nya. Sadar atau tidak sadar, seringkali kita membuat Roh Kudus berduka dan bersedih. Kapan kita mendukakan Roh Kudus? Ketika kita bimbang dan mulai meragukan janji-janji Tuhan. Contoh: ketika Musa diperintahkan Tuhan untuk berkata-kata saja kepada bukit batu supaya mengeluarkan air, ia malah memukul bukit batu itu dengan tongkatnya, hatinya pun jengkel terhadap bangsa Israel yang terus bersungut-sungut. Saat itu Musa telah mendukakan Roh Tuhan, akibatnya sepenti ini:

“Karena kamu tidak percaya kepada-Ku dan tidak menghormati kekudusan-Ku di depan mata orang Israel, itulah sebabnya kamu tidak akan membawa jemaah ini masuk ke negeri yang akan Kuberikan kepada mereka.” (Bilangan 20:12).

Saat kita mengomel, bersungut-sungut dan kecewa kepada Tuhan karena doa-doa kita yang belum beroleh jawaban dari Tuhan, seketika itu juga kita sedang mendukakan Roh Kudus. Hal lain yang membuat Roh Kudus berduka adalah ketika kita mulai bercabang bati, di mana mulai ada berhala dalam kehidupan kita. Berhala dapat berarti semua perkara dunia yang terlalu kita sayangi, yang menyita perhatian dan waktu kita sehingga menghalangi kita untuk fokus terhadap hal-hal rohani. Alkitab jelas menyatakan, “Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah?” (Yakobus 4:4a,b).

Hati yang bercabang dan mengingini perkara-perkara duniawi belaka adalah dosa, dan itu dikategorikan sebagai perzinahan rohani. Roh Kudus memandang hal itu dengan perasaan cemburu, sehingga Dia berduka dan merasa diabaikan oleb sikap dan perbuatan kita tersebut. Selain itu, apabila kita tidak lagi menyediakan waktu untuk bersaat teduh dan lalai dalam membaca Alkitab, kemudian lebih memilih untuk menyenangkan keinginan duniawi dan kedagingan, maka kita juga sedang mendukakan Roh Kudus. Oleh karena itu tetap berusahalah dan berhati-hatilah!

Mari kita senantiasa taat dan belajar untuk menyenangkan Roh Kudus!

About kata1kata

some misterious word can not be explained but it can be feel by your heart peace in this world..... Yesus loves and blessing all of you .....
This entry was posted in Tuhan Yesus Memberkati. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s