KEKUATIRAN HIDUP

oleh: Ev. Lily Sulistyo

Matius 6:25-26 “Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian.”

Tahun ini Tuhan berjanji akan memberikan kita multiplikasi dan promisi dalam segala hal. Ini akan terjadi asalkan kita mau hidup intim dan mau taat mendengar firman-Nya. Tuhan itu bukan manusia yang dapat mengingkari janji, tetapi Ia adalah Allah yang pasti akan menggenapi apa yang pernah di firmankan-Nya kepada kita umat yang dikasihi-Nya.

Kekuatiran adalah ketakutan yang direnungkan terus menerus sehingga menghancurkan hidup kita. Perasaan ini seringkali menghantui hidup kebanyakan orang dan hal ini sebenarnya tidak perlu lagi menghantui hidup kita sebagai orang percaya, karena kita sudah mengetahui janji-janji Tuhan itu. Perasaan ini jika dibiarkan akan menghancurkan hidup kita, sebab membuat kita kehilangan damai sejahtera. Orang yang kuatir dalam hidupnya akan tampak dari raut wajahnya yang selalu berubah ubah dan tidak mancarkan sukacita Allah. Orang seperti ini akan cenderung lebih suka menyendiri dan selalu berpikiran negatif kepada orang lain.

Kekuatiran yang dialami setiap orang berbeda-beda satu dengan yang lainnya, tetapi pada umumnya manusia selalu kuatir akan kebutuhan hidup dan masa depannya (Matius 6:25-34)

Mengapa seringkali kita mengalami kekuatiran dalam hidup?
1. Gagal menghadapi kenyataan hidup
Matius 8:24, “Sekonyong-konyong mengamuklah angin ribut di danau itu, sehingga perahu itu ditimbus gelombang, tetapi Yesus tidur.”Ketika masalah yang besar tiba tiba menimpa diri kita, seringkali kita langsung panik sehingga kita tidak memiliki ketengan hati dan justeru seringkali jadi salah bertindak. Kita harus sadar bahwa selama hidup di dunia ini, masalah itu pasti kita alami karena itu kita tidak perlu panik tetapi respon kita menerimanya sebagai pernyataan kuasa Allah bagi kita.

2. Gagal membawa Tuhan dalam hidup kita.
Matius 8:25-26, “Maka datanglah murid-murid-Nya membangunkan Dia, katanya: “Tuhan, tolonglah, kita binasa.” Ia berkata kepada mereka: “Mengapa kamu takut, kamu yang kurang percaya?” Lalu bangunlah Yesus menghardik angin dan danau itu, maka danau itu menjadi teduh sekali.”
Masalah tidak akan membuat kita kuatir dan tertekan kalau kita menerimanya dengan ucapan syukur dan selalu memperkatakan firman Tuhan atas masalah itu. Ingatlah bahwa Tuhan selalu hadir dalam hidup kita dan kita harus menyadari hal itu.

Filipi 4:6 “Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.”

3. Gagal melihat karakternya Tuhan dalam hidup kita.
Kita harus mengetahui bahwa Tuhan tidak pernah tinggal diam terhadap umat yang percaya kepada-Nya. Ia senantiasa akan memelihara setiap orang yang mau mendengar perintah dan taat kepada-Nya.
Matius 6:26, “Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu?”

4. Gagal mengetahui bahwa Tuhan sangat mencintai kita.
Tuhan sangat mencintai manusia sebagai makhluk yang istimewa sebab Ia menciptakan kita segambar dan serupa dengan diri-Nya sendiri, karena Itu Tuhan tidak akan membiarkan ciptaan yang dikasihi-Nya binasa (Kejadian 1:26)
Matius 6:30, “Jadi jika demikian Allah mendandani rumput di ladang, yang hari ini ada dan besok dibuang ke dalam api, tidakkah Ia akan terlebih lagi mendandani kamu, hai orang yang kurang percaya?”

5. Gagal mengenal Tuhan dengan benar.
Tuhan mau kita mengutamakan kerajaan-Nya terlebih dahulu sebab ia berjanji akan menambahkan segala apa yang menjadi kebutuhan yang kita perlukan. Ia berkata: “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.” (Matius 6:23)

About kata1kata

some misterious word can not be explained but it can be feel by your heart peace in this world..... Yesus loves and blessing all of you .....
This entry was posted in Tuhan Yesus Memberkati. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s