TUJUAN DARI GONCANGAN

Oleh : Pdt. Rubin Ong

Hagai 2:7-10, “Sebab beginilah firman TUHAN semesta alam: Sedikit waktu lagi maka Aku akan menggoncangkan langit dan bumi, laut dan darat; Aku akan menggoncangkan segala bangsa, sehingga barang yang indah-indah kepunyaan segala bangsa datang mengalir, maka Aku akan memenuhi Rumah ini dengan kemegahan, firman TUHAN semesta alam. Kepunyaan-Kulah perak dan kepunyaan-Kulah emas, demikianlah firman TUHAN semesta alam. Adapun Rumah ini, kemegahannya yang kemudian akan melebihi kemegahannya yang semula, firman TUHAN semesta alam, dan di tempat ini Aku akan memberi damai sejahtera, demikianlah firman TUHAN semesta alam.”
Goncangan sedang terjadi dan akan semakin luarbiasa kita alami menjelang akhir jaman ini. Karena itulah kita perlu hidup radikal di dalam Tuhan. Orang yang radikal adalah orang yang tetap kokoh meskipun masalah/goncangan silih berganti menghantam hidupnya.
Jika kita mau dipercaya Tuhan kita tidak boleh terfokus kepada hal-hal dunia (harta). Harta dapat menipu kita sehingga jauh dari Tuhan dan menjadi hamba mamon . Kata “mamon” berasal dari kata “mammon” yang artinya pribadi seperti “tuhan” yang bersembunyi di balik uang. Karena itu jangan sampai kita memiliki “roh mamon” dalam diri kita yaitu; ketamakan, kirir, iri hati dan kesombongan.

Mengapa Tuhan menggoncang gerejanya?
1. Supaya gereja menjadi kudus.
Kata rumah disini memiliki 2 pengertian tentang “gereja sebagai pribadi” dan “gereja sebagai gedung”. Sekarang ini Tuhan sedang mempersiapkan kita untuk dapat menerima berkat yang luar biasa, untuk itu perlu hidup kudus agar dipercayai Tuhan.

Sebelum umat Israel dikuduskan Tuhan untuk keluar dari Mesir menuju tanah perjanjian, Tuhan memberikan mereka perbekalan bagi mereka dan berkat itu berasal dari bangsa Mesir. Hal itu bisa terjadi karena kehendak Tuhan bagi umat-Nya. Bagi kita orang fasik (musuh) dapat Tuhan buat menjadi murah hati terhadap kita dan bahkan menjadi saluran berkat bagi kita. Namun yang kita butuhkan adalah tetap hidup dalam kekudusan agar senantiasa beroleh perkenanan-Nya dan dipercayakan hal-hal besar. Cara Tuhan memberkati kita tidak dapat terpikirkan secara logika jika Ia sudah berkehendak memberkati kita.
Keluaran 12:35-36, “Orang Israel melakukan juga seperti kata Musa; mereka meminta dari orang Mesir barang-barang emas dan perak serta kain-kain. Dan TUHAN membuat orang Mesir bermurah hati terhadap bangsa itu, sehingga memenuhi permintaan mereka. Demikianlah mereka merampas orang Mesir itu.”Goncangan yang kita alami hanya merupakan proses pemurnian saja sebab Tuhan ingin gerejanya siap menerima berkat melimpah yang akan Ia curahkan. Kalau kita ingin berkat lancar maka kita harus membereskan salurannya dari kotoran dan dosa supaya berkat itu tercurah dengan dengan baik.

2. Supaya gereja Tuhan memenuhi semua tempat.
Efesus 1:22, “Dan segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus dan Dia telah diberikan-Nya kepada jemaat sebagai Kepala dari segala yang ada. Jemaat yang adalah tubuh-Nya, yaitu kepenuhan Dia, yang memenuhi semua dan segala sesuatu.”
Tuhan juga mengijinkan goncangan supaya gereja mau bersatu dan bergandengan melakukan pekerjaan Tuhan. Ia mau gerejanya jangan sampai berada dalam zona nyaman dan asyik dengan urusan rumah tangga saja (intern). Gereja harus keluar untuk memberitakan kabar baik, menguasai dan menduduki tempat-tempat kosong yang masih dikuasai oleh kegelapan. Hal ini terjadi dalam jaman gereja mula-mula dimana para murid-murid Yesus dianianya sehingga mereka terserak dan tersebar keseluruh pelosok dunia. Lewat goncangan ini Injil dapat disebarluaskan kesegala bangsa dan Nama Tuhan dipermuliakan.

Negara China pun pernah mengalami hal yang sama karena Mao Tse Tjung seorang komunis menganiaya orang-orang Kristen dan hasilnya kebangunan rohani besar terjadi bagi gereja Tuhan.

Kolose 3:23, “Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.”

“Tuhan sedang mempersiapkan ladang yang besar karena itu bersiaplah untuk bergerak dan menerima berkat yang besar itu.”

About kata1kata

some misterious word can not be explained but it can be feel by your heart peace in this world..... Yesus loves and blessing all of you .....
This entry was posted in Tuhan Yesus Memberkati. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s