INTROSPEKSI KEKRISTENAN KITA

INTROSPEKSI KEKRISTENAN KITA
Oleh : Pdp. DR. Janto Simkoputera, MD. PhD

Gembala yang baik tahu makanan apa yang paling baik untuk domba-dombanya. Tuhan Yesus sebagai gembala yang baik pasti tahu kebutuhan dan keperluan apa yang paling penting buat kita semua. Tuhan mau kita menjadi umat-Nya dan Tuhan menjadi satu-satunya Allah kita. Namun, banyak orang-orang Kristen yang membuat Tuhan kecewa.

Contohnya adalah: Julia Gillard (Prime Minister of Australia) di mana sebagian besar penduduk Australia mayoritas Kristen ternyata seorang lesbian.

Oprah Winfrey yang diangkat Tuhan luar biasa sampai begitu tenar se dunia mengecewakan Tuhan dengan membuat agama “Oprah”. Agama ini sudah diakui oleh tiga Negara yaitu: Jepang, Kanada dan New Zeland. Ini membuat Tuhan sangat cemburu. Tuhan Yesus menangis untuk gereja-Nya yang dirindukanNya untuk menyenangkan hati Tuhan, tapi melakukan hal-hal demikian.

Tuhan ingin agar jemaat GBI-PRJ tetap setia kepada Dia. Untuk itu mari kita introspeksi kehidupan kekristenan kita. Surat Rasul Paulus kepada jemaat di Korintus berupa tegoran kepada mereka yang sepertinya beribadah kepada Tuhan namun memungkiri kekuatannya.

1. 2 Kor. 5:7 “Sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat.”
Banyak orang datang ke gereja bukan karena percaya kepada Tuhan, namun hanya ingin melihat mujizat, mereka hanya mau bukti yang bisa dilihat mata. Ini yang membuat rasul Paulus geregetan. Apa pendapat Paulus terhadap orang Kristen yang demikian?

2 Tim 3:5 “Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu!”

2. Ujian Iman (Contoh-contoh ayat yang sering meragukan orang Kristen)
a. Menomor-satukan Tuhan
Matius 6:33 “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.”
Memprioritaskan Tuhan dalam hidup ini membuat kita hidup dalam iman percaya kepada Yesus dan siap menerima berkat-berkat-Nya.

b. Jangan Bermegah Pada Saat Diberkati
Amsal 10:22 “Berkat TUHANlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya.
Ulangan 8:17-18 Maka janganlah kaukatakan dalam hatimu: Kekuasaanku dan kekuatan tangankulah yang membuat aku memperoleh kekayaan ini. Tetapi haruslah engkau ingat kepada TUHAN, Allahmu, sebab Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan, dengan maksud meneguhkan perjanjian yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, seperti sekarang ini.”
Selalu ingat bahwa segala yang kita miliki semuanya berasal dari Tuhan, kita ini hanya pengelola atas berkat Tuhan, bukan pemilik. Jadilah pengelola berkat yang dipercaya Tuhan.

c. Kuduskanlah Hari Sabat
Kel. 35:2 “Enam hari lamanya boleh dilakukan pekerjaan, tetapi pada hari yang ketujuh haruslah ada perhentian kudus bagimu, yakni sabat, hari perhentian penuh bagi TUHAN; setiap orang yang melakukan pekerjaan pada hari itu, haruslah dihukum mati.”
Sabat adalah hari perhentian penuh bagi kita yaitu hari Minggu. Hari itu adalah hari di mana kita pisahkan hanya untuk Tuhan. Lihat hasilnya bila kita menguduskan hari Sabat, pasti diberkati.

d. Taat Firman Tuhan
Ulangan 16:16c “Janganlah ia menghadap hadirat TUHAN dengan tangan hampa,”

Mungkin selama hari-hari yang kita lalui kita banyak melakukan pelanggaran-pelanggaran, dosa-dosa dan kesalahan-kesalahan di hadapan Tuhan, sehingga kita jauh dari Tuhan. Maka ketika kita menghadap ke hadirat Tuhan selayaknya kita membawa korban-korban keselamatan dan penghapus dosa agar kita diperdamaikan dengan Allah Bapa.
Korban-Korban yang kita bawa juga merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas segala berkat-berkat-Nya.

Ingat, tanpa kebaikan Tuhan kita tidak mungkin menerima keselamatan dan berkat-berkat Tuhan.

Oleh sebab itu, marilah kita introspeksi diri, apakah hidup kekristenan kita sudah seperti yang Tuhan inginkan. Dengan mengutamakan Tuhan, selalu mengucap syukur atas berkat-berkat-Nya, menghormati hari Sabat sebagai hari perhentian penuh, dan hidup dalam ketaatan kepada Firman Tuhan, maka Multiplikasi dan Promosi pasti kita alami.

About kata1kata

some misterious word can not be explained but it can be feel by your heart peace in this world..... Yesus loves and blessing all of you .....
This entry was posted in Tuhan Yesus Memberkati. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s