KAMU ADALAH GARAM DUNIA

Syalom sahabat yang kami kasihi didalam Yesus Kristus!

Seingat saya beberapa tahun yang silam, sudah saya kirimkan hal ini, dan saat ini saya kirim ulang karena saya rindu kita menikmatinya kembali.

Judul Khotbah : KAMU ADALAH GARAM DUNIA

(Jemaat Agape – Balikpapan – Dec 2003)

Ayat Inti : Matius 5:13, 14 “Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang. Kamu adalah terang dunia.

Ayat sahut-sahutan :

Galatia 6: 1-10 : 6:1 Saudara-saudara, kalaupun seorang kedapatan melakukan suatu pelanggaran, maka kamu yang rohani, harus memimpin orang itu ke jalan yang benar dalam roh lemah lembut, sambil menjaga dirimu sendiri, supaya kamu juga jangan kena pencobaan. 6:2 Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus. 6:3 Sebab kalau seorang menyangka, bahwa ia berarti, padahal ia sama sekali tidak berarti, ia menipu dirinya sendiri. 6:4 Baiklah tiap-tiap orang menguji pekerjaannya sendiri; maka ia boleh bermegah melihat keadaannya sendiri dan bukan melihat keadaan orang lain. 6:5 Sebab tiap-tiap orang akan memikul tanggungannya sendiri. 6:6 Dan baiklah dia, yang menerima pengajaran dalam Firman, membagi segala sesuatu yang ada padanya dengan orang yang memberikan pengajaran itu. 6:7 Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya. 6:8 Sebab barangsiapa menabur dalam dagingnya, ia akan menuai kebinasaan dari dagingnya, tetapi barangsiapa menabur dalam Roh, ia akan menuai hidup yang kekal dari Roh itu. 6:9 Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah. 6:10 Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman.

Cerita : CINTA SEPERTI GARAM

Seorang Raja yang terkenal murung karena perasaan ditolak oleh penduduknya. Raja minta kepada 3 orang putrinya untuk menghibur dan menenteramkan hatinya. Setelah mereka bercakap-cakap sebentar, raja bertanya samapai dimana putrinnya itu Mencintai raja. Dua diantaranya menjawab “lebih dari emas dan perak yang ada di dunia ini”, tetapi Maria yang terkecil menjawaba, “ AKU MENCINTAI AYAH BAGAIKAN GARAM”

Raja tidak senang dengan jawaban Maria, karena menganggap garam itu tidak berharga. Kokinya, mendengar jawaban anak itu, mengetahui bahwa jawabannya itu lebih berarti. Keesokan harinya ketika makan pagi, kokinya tidak membumbuhkan garam sama sekali pada masakan yang dihidangkannya. Waktu makan bersama, semuanya terdiam karena tidak ada yang bisa menikmatinya, karena makanan itu begitu hambar. Kemudian raja menyadari arti perkataan Maria. Dengan tersenyum raja berkata, “AKU MENGERTI SEKARANG MARIA, BAHWA CINTAMU YANG TERBESAR”

Matius 5: 13 “Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang. Imamat 2:13 Setiap kurban sajian harus diberi garam, karena garam menandakan perjanjian Allah dengan kamu. Jadi semua persembahan harus diberi garam.

ENSIKLOPEDI G….Garam …. Atau terkadang disebut garam dapur adalah natrium klorida, NaCl. Bahan ini digunakan sebagai bumbu dan pengawet makanan, misalnya ikan asin. Istilah Garam juga digunakan untuk menyebutkan hasil senyawa asam dengan basa. NaCL (jodium – Cloride)

KOMPAS – Rabu, 24 April 2002… Ketua Umum Asosiasi Produsen Garam Konsumsi Beryodium (Aprogakob) Abu Hidajat R masih sangat melekat pada sebagian besar masyarakat. Itu sekaligus mencerminkan masih rendahnya pemahaman masyarakat akan pentingnya garam beryodium. Keprihatinan itu ia sampaikan di sela-sela presentasi “Manfaat dan Fungsi Garam dalam Rangka Mencerdaskan Anak Bangsa”, di Surabaya, Kamis pekan lalu. Menurut dia, jika keadaan ini terus berlarut, upaya pemberantasan gangguan akibat kekurangan yodium (GAKY) yang gencar dikampanyekan tidak akan pernah membuahkan hasil. “Kalau masyarakat hanya menganggap garam sekadar pemberi rasa asin, bisa-bisa kita akan punya banyak warga seperti Si Cecep di sinetron. Kekurangan yodium pada ibu hamil, bayi menyusui, dan anak balita, bisa mempengaruhi kecerdasan anak. Gara-gara kekurangan yodium, bangsa ini malah melahirkan Cecep-Cecep baru,” ujarnya prihatin.

KOMPAS – Jumat, 14 Februari 2003 …. Fungsi garam adalah untuk menghilangkan bau dan membuat kulit lebih kuat,” tutur Gufron. Ia menambahkan, usai proses penggaraman selama dua hari, kulit siap disetorkan kepada pabrik yang menjadi pelanggannya. “Biasanya, saya setor di sebuah pabrik di Sidoarjo. Setiap lembar kulit kambing dibeli dengan harga antara Rp 32.000 hingga Rp 35.000,” kata Gufron. Setiap dua hari sekali, Gufron dapat menyetorkan 300 lembar kulit yang sudah bersih namun masih lembab.

PIKIRAN RAKYAT – Minggu, 18 Mei 2003… Bugar dengan Garam Mandi

Di area Great Salt Lake Amerika, sejak tahun 1900, orang sudah melakukan ritual mandi dengan mendirikan sekira 100 buah tempat mandi dan terkenal dengan nama Salt Air. Sementara itu, orang Indonesia sepulang dari bepergian jauh dan dalam menghilangkan kepenatan, punya kebiasaan mencampurkan sedikit garam dalam air panas untuk mandi. Hal itu dimaksudkan untuk menghilangkan kepenatan tersebut dan tubuh menjadi segar kembali.

TIP MEMBUAT ROTI – Judul :Fungsi garam dalam adonan

Garam selain mempunyai rasa asin, juga berfungsi sebagai bahan penetral. Banyak bahan apabila diberi sedikit garam dapat menjadi lebih wangi, gurih, dan teresa sedap. Adonan yang telah diberi garam dapat mencegah kelengketan, dan juga mempertinggi sifat alot dari adonan tersebut. Sehingga mutu adonan dapat diperbaiki. Garam juga dapat menambah daya tarik adonan serta mempertinggi daya elastisitas roti.

GARAM IKAN Fungsi dan Kegunaannya

1. Garam akan membantu menyeimbangkan kembali proses osmoregulasi dan memicu daya tahan tubuh ikan terhadap penyakit yang dideritanya.

2. Mampu membunuh parasit-parasit bersel tunggal seperti Ich (white spot), jamur dan bakteri lainnya

3. Untuk mengurangi pengaruh racun dari nitrit.

4. Sebagai profilaktik, atau sebagai tonik, atau dalam bahasa umum sebagai “jamu”

5. Sebagai perlakuan pengobatan infeksi jamur dan atau bakteri

6. Untuk mengurangi pengaruh racun dari nitrit.

7. Untuk melepaskan lintah pada ikan

Rahsia Garam Laut Mati – Dr Norhisham Wahab – Pengasas Colour Vibration Therapy

Di dunia ini unsur atom yang paling banyak kegunaannya ialah garam. Pada suatu ketika dahulu, garam adalah suatu bahan yang amat bernilai. Garam dijadikan barang pertukaran untuk mendapatkan barangan lain. Dari segi sains fizik, garam mempunyai getaran dalam nada frekuensi yang amat langsing, tinggi dan halus. Warna biru dalam hukum fizik mengeluarkan nada atau bunyi-bunyian. Garam mempunyai tekanan yang tinggi dan ada juga mempunyai tekanan yang rendah dan ini boleh memudaratkan mereka yang mempunyai penyakit yang sedia ada. Garam yang mempunyai nilai potassium yang amat tinggi seperti garam bukit yang amat masin dan digemari binatang-binatang di dalam hutan terbukti amat baik untuk kesehatan. Garam rendah seperti sodium pula dapat meneutralkan asid dan gas dalam badan. Laut mati yang amat masin mempunyai fungsi yang sama. Orang-orang tua zaman dahulu menggunakan garam sebagai petua menghalau unsur-unsur tekanan darah dalam julat frekuensi yang besar dan perlahan serta panas sebelum memasuki rumah kosong atau rumah baru yang telah lama tidak diduduki.

Garam juga adalah rahsia kristal yang mempunyai cahaya yang bersinar-sinar. Batu-batu kristal perlu dicuci dengan garam agar ia bercahaya semula. Andaikata ini tidak dibuat maka kristal akan menjadi pudar dan malap. Begitu juga tubuh badan kita jika amalan mandi air garam dijadikan sebagai satu keperluan harian maka kita akan merasai kesegaran dalam merangsang semula mana-mana bahagian organ dalam badan yang telah kehilangan tenaga dan getarannya.

Garam mempunyai kuasa peluntur yang mesra alam atau dapat diterima semula untuk menyuburkan tanah.

Garam dalam konsep mandian seperti di Laut Mati sebenarnya adalah teori pemendapan basah. Semua radiasi yang berada dalam tubuh manusia akan terlerai dan terserap ke dalam air serta dirakam di dalam bumi atau tanah. Anda yang berpenyakit sepatutnya berendam di dalam air garam yang mempunyai ais dengan rakaman tenaga getaran ros putih sebagai pemangkin untuk merangsang kelajuan sistem saraf bagi membolehkan pergerakan elektron dan proton di dalam dan luar tubuh manusia. Anda pasti merasa segar di samping memiliki kulit yang halus serta tulang yang kuat.

Laut Mati yang konon bisa menyembuhkan penyakit kulit. Garamnya bisa menyembuhkan reumatik dengan menyeduh garam Laut Mati ke air suam-suam kuku. Lumpur Laut Mati bisa dibeli di supermarket dengan harga lima dinar Jordania atau JD 5 (Rp 60 ribu) dan garam dalam kemasan kotak kecil JD2 (Rp 24 ribu). Alam sekeliling Laut Mati memang lain sendiri. Letaknya yang lebih rendah dari permukaan laut, tanahnya yang gersang, batu-batu cadasnya yang terlihat kuno dan tingginya unsur garam, menjadikan Laut Mati kurang memiliki nilai ekonomis menurut ukuran cari makan di zaman ini. Tuhan Maha Adil
Tuhan Maha Adil, demikian ungkapan sederhana dalam upaya manusia memahami kehendak Tuhan. Kegersangan yang diderita penduduk asli yang dinamakan Baduin di Yordania dalam ribuan tahun terakhir, kini mendapat berkah dari Sang Pencipta. Peminat garam dan lumpur Laut Mati pun mulai meningkat dari hari ke hari. Bahkan, manajemen Hotel Marriott membangun sebuah gedung khusus untuk perawatan kesehatan ala Laut Mati. Di sebuah baliho besar tertulis: The Dead Sea Medical Center.

Tubuhnya bisa terapung seperti di Laut Mati karena air kolam tersebut mengandung
garam yang cukup tinggi.

Perhatikan Konsumsi Garam
|28 May 2003 10:41:29|
VisionNet – The Scientific Advisory Committee on Nutrition (SACN) memperingatkan terlalu banyak mengkonsumsi garam dapat menyebabkan tekanan darah tinggi yang dikaitkan dengan serangan jantung dan stroke.

Kita rata-rata mengkonsumsi 9 gram garam setiap hari. Oleh karena itu SCAN menyarankan konsumsi garam sebaiknya tidak lebih dari 6 gram per hari. Bagi anak-anak berumur satu sampai enam tahun sebanyak 2 gram setiap hari dan anak-anak berumur tujuh sampai 14 tahun sebanyak 5 gram.

Garam yang mengandung sodium yaitu zat yang membuat 40 persen garam penting bagi pengiriman gerak saraf, menggerakan otot dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Tetapi jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti:

· Tekanan darah tinggi
Terlalu banyak garam dapat memicu tekanan darah tinggi yang menyebabkan tubuh bertahan terhadap air yang meningkatkan volume darah. Sehingga jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa melalui arteri.

Bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi sebaiknya mengurangi konsumsi garam lebih besar yaitu 8,3 Hg dan 4,4 mm Hg. Kombinasi pengurangan garam dengan diet yang kaya buah-buahan, sayuran dan makanan rendah lemak memiliki efek yang lebih jelas.

· Osteoporosis
Garam yang kita konsumsi memiliki pengaruh terhadap kekuatan tulang karena garam meningkatkan tingkat kehilangan kalsium dari tubuh melalui urine sehingga tubuh mengimbanginya dengan melepaskan kalsium dari tulang untuk menjaga kestabilan dalam darah.

· Resistensi terhadap cairan
Garam dapat memperburuk resistensi terhadap cairan yang banyak dialami wanita. Ini juga dapat membentuk cairan pada kaki yang terjadi ketika duduk untuk waktu cukup lama. Mengurangi konsumsi garam setengah dari rata-rata akan mengakibatkan kehilangan cairan sebanyak 3lb, menurut Prof. Graham MacGregor, seorang ahli garam di rumah sakit St George, London.

· Asma
Menurut review dalam jurnal kedokteran Lancet, garam dapa memperburuk penderita asma. Sensitifitas lapisan paru-paru terhadap bahan pengganggu lingkungan dihubungkan dengan keseimbangan sodium dalam tubuh. Pengurangan garam disamakan dengan pemakaian obat lebih sedikit.

· Kanker perut
Bukti di Eropa menunjukkan hubungan antara kanker perut dengan tingginya konsumsi garam. Jumlah garam yang berlebihan dapat mengurangi lapisan pelindung perut yang mungkin terinfeksi dengan Helicobacter pylori, bakteri perut yang dikaitkan dengan radang perut.

Kearifan segenggam garam – (kisah)

Dahulu kala, hiduplah seorang lelaki tua yang terkenal saleh dan bijak. Di suatu pagi yang basah, dengan langkah lunglai dan rambut masai, datanglah seorang lelaki muda, yang tengah dirundung masalah. lelaki itu tampak seperti orang yang tak mengenal bahagia. Tanpa membuang waktu, dia ungkapkan semua resahnya: impiannya gagal, karier, cinta dan hidupnya tak pernah berakhir bahagia. Pak Tua yang bijak, hanya mendengarkannya dengan teliti dan seksama. Ia lalu mengambil segenggam garam, dan meminta tamunya untuk mengambil segelas air. Dia taburkan garam itu ke dalam gelas, lalu dia aduk dengan sendok, tenang, bibirnya selalu tampilkan senyum.

“Coba, minum ini, dan katakan bagaimana rasanya?” pinta Pak tua itu. “Asin dan pahit, pahit sekali”, jawab sang tamu, sambil meludah ke tanah. Pak Tua itu hanya tersenyum. Ia lalu mengajak tamunya ini berjalan ke tepi telaga di dalam hutan dekat tempat tinggalnya. Kedua orang itu berjalan beriringan, tapi dalam kediaman. Dan akhirnya sampailah mereka ke tepi telaga yang tenang itu. Pak Tua itu, masih dengan mata yang memandang lelaki muda itu dengan cinta, lalu menaburkan segenggam garam tadi ke dalam telaga. Dengan sepotong kayu, diaduknya air telaga, yang membuat gelombang dan riak kecil. Setelah air telaga tenang, dia pun berkata,

“Coba, ambil air dari telaga ini, dan minumlah”. Saat tamu itu selesai meneguk air telaga, Pak Tua berkata lagi, “Bagaimana rasanya?” “Segar,” sahut tamunya. “Apakah kamu masih merasakan garam di dalam air itu?” tanya Pak Tua lagi. “Tidak,” jawab si anak muda. Dengan bijak, Pak Tua itu menepuk-nepuk punggung si anak muda. Ia lalu mengajaknya duduk berhadapan, bersimpuh di tepi telaga.

“Anak muda, dengarlah. Pahitnya kehidupan seumpama segenggam garam, tak lebih dan tak kurang. Jumlah dan rasa pahit itu adalah sama, dan memang akan tetap sama. Tapi, kepahitan yang kita rasakan, akan sangat tergantung dari wadah atau tempat yang kita miliki. Kepahitan itu anakku, selalu berasal dari bagaimana cara kita meletakkan segalanya. Itu semua akan tergantung pada hati kita. Jadi, saat kamu merasakan kepahitan dan kegagalan dalam hidup, hanya ada satu hal yang boleh kamu lakukan: lapangkanlah dadamu untuk menerima semuanya. Luaskanlah hatimu untuk menampung setiap kepahitan itu. Luaskan wadah pergaulanmu supaya kamu mempunyai pandangan hidup yang luas. Kamu akan banyak belajar dari keleluasan itu.”

Pak Tua itu lalu kembali memberikan nasihat.

“Hatimu anakku, adalah wadah itu. Perasaanmu adalah tempat itu. Kalbumu, adalah tempat kamu menampung segalanya. Jadi, jangan jadikan hatimu itu seperti gelas, buatlah laksana telaga yang mampu meredam setiap kepahitan itu dan mengubahnya menjadi kesegaran dan kebahagiaan.” Keduanya lalu beranjak pulang. Mereka sama-sama belajar di hari itu. Dan Pak Tua, si orang bijak itu, kembali menyimpan “segenggam garam”, untuk anak muda yang lain, yang sering datang padanya membawa keresahan jiwa. (CN02)

KAMU ADALAH GARAM DUNIA

Tubuh manusia terdiri dan 4 ons garam, dan pengaruh garam bagi tubuh kita, amat penting. Tanpa itu otot-otot tidak bergerak, darah tidak bersirkulasi, makanan yang masuk tidak bisa dicerna dan jantung tidak akan berdetak. Bayangkan Yesus mengatakan kepada kita ‘kamu adalah garam dunia”. Ini merupakan bahasa kiasan terhadap apa yang diharapkan dari karakter kita. Dari karakter kita, keluarlah kata-kata dan kelakuannya, kemudian akan terasa dampaknya pada keluarga, pekerjaan dan lingkungan sekitar kita. Tentu saja, diharapkan kita membawa dampak positif bagi orang lain dan ini berkaitan pada kadar keragaman kita. Dalam hidup sehari-hari paling tidak ada 4 dampak yang dimiliki garam yakni :

  1. Garam penyedap rasa. Sebab itu terdengar ungkapan “bagaikan sayur tanpa garam” atau keasinan’. Jadi untuk rasa yang tepat, takarannya harus sesuai juga. Pelayanan yang kita lakukan, doa kita dan kasih kita dapat membawa pengaruh yang menguatkan kehidupan orang lain. Di jaman gereja mula-mula, ada sebuah kebiasaan, yakni warga jemaat yang dikenakan disiplin gereja, sebelum dapat diterima kembali, di tengah-tengah persekutuan, mereka akan berbaring ditanah dan berkata ‘injaklah aku karena aku adalah garam yang telah menjadi tawar”. Kami adalah garam dunia. (baca Pilippi 4:8,9)
  1. Garam berfungsi sebagai pengawet : Dahulukala, belum ada kulkas, sehingga daging maupun ikan, diawetkan dengan memakai garam. Pengikut Yesus yang beriman, akan memperlambat terjadinya pembusukan dan pelapukan dunia disekitarnya yang sudah rusak. (baca 1 Kor 13: 4-7)
  1. Garam larut dalam es: Di jalan-jalan raya yang dipenuhi salju, jalan itu berobah jadi sangat licin. Mobil penabur garam, berfungsi agar jalan itu tidak sampai mencelakakan orang. Begitu pula bagi orang yang beriman, mereka memberi diri mereka tanpa perlu harus dilihat oleh orang-orang lain, namun hidup itu berubah menjadi lebih baik bagi orang lain. (baca Galatia 6:9,10)
  1. Garam menyembuhkan luka. Dahulukala, luka yang terbuka, ditaburi garam supaya dapat membunuh kuman-kuman. Seorang pengikut Yesus, terpanggil mempraktekkan imannya supaya ada hati terluka yang diobati atau disembuhkan. (baca Galatia 6:2)
  1. Garam Laut Mati sanggup membuat manusia terapung. Kiranya kita umat Tuhan mampu membangkitkan semangat persaudaraan dan mengangkat martabat sesame lebih dekat kepada Tuhan, bukan saling menginjak dan merendahkan sesama. (baca Galatia 6:1)
  2. Garam mampu melepaskan lintah dari tubuh binatang termasuk manusia. Gambaran bagi kita sebagai garam dunia harus mampu melepaskan kehidupan duniawi yang mengrogoti kehidupan kita. (baca hagai 1:5-11)
  3. Garam mampu mengusir binatang liar seperti ular/kala jengking bahkan mengusir roh roh jahat seperti kepercayaan banyak orang tua saat memasuki rumah yang lama ditinggal. Kita sebagai garam dunia selayaknya menghalau pembunuh-pembunuh licik dan mematikan jiwa melalui semburan bisa lidah yang suka menggosip, iri hati, kedengkian, dan pikiran negative lainnya yang siap mamangsa jiwa kita hingga mati. (baca 1 Joh 3:15)

Yesus berkata : kamu adalah garam dunia. Semuanya ini boleh terjadi hanya dan hanya oleh jamahan Yesus. Oleh jamahanNya kita berubah dan beroleh hidp baru. Seperti syair lagu “HE TOUCH ME”

YESUS TOUCH ME

Tertindih oleh beban b’rat – Dosa dunia kini – Lalu ku dijamah Yesus

Yesus mengobahkan hidupku

Yesus jamah, oh… hidupku – Dan bri damai dihatiku

Smua telah berobah dan aku tau – Yesus jamah ‘ku kujadi baru.

Sejak ku trima juruslamat – Hidupku di sucikan – Ku puji dia selamanya

Hidup baru jadi milikku.

2 Kor 5:17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

About kata1kata

some misterious word can not be explained but it can be feel by your heart peace in this world..... Yesus loves and blessing all of you .....
This entry was posted in Tuhan Yesus Memberkati. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s